WhatsApp-Button
About

Tips

Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Klinik Kuret Steril - KLINIK ABORSI - KLINIK RADEN SALEH - 081220201799 - Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Info Raden Saleh – Hallo bunda, mungkin pernah diantara kita mendengar mitos bahwa bahaya air kelapa untuk ibu hamil karena akan menyebabkan keguguran, tetapi ada juga yang bilang dengan mengkonsumsi air kelapa muda akan membuat calon bayi kita menjadi putih, berambut hitam dan lebat.

bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda setiap hari?

Menurut berbagai sumber bahwa Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil, adalah sebagai berikut :

Membantu mengurangi kelelahan dan dehidrasi

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Beberapa wanita terbantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dengan mengonsumsi air kelapa.

Baca juga : Info Klinik Raden Saleh

Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Kalium juga membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah.

Sumber elektrolit dan antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit, minum air kelapa bisa mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness. Air kelapa pun mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kemasan.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut penelitian, orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium rendah dalam tubuhnya. Oleh karena itu, air kelapa muda yang secara alami mengandung kalium dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat membantu peningkatan HDL, atau kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Itulah kenapa air kelapa muda dapat membantu Bunda terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Mengendalikan Kadar Asam Urat

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil yang terakhir yaitu dapat mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh. Kadar asam urat yang tetap terjaga dengan baik, bisa berpengaruh positif pada aliran urin dan saluran kencing yang tetap bersih. Dengan begitu, dapat menghindarkan ibu hamil dari risiko infeksi berbagai penyakit yang dapat menyerang kapan saja.

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Ini dia manfaat air kelapa yang terakhir, namun tak kalah penting untuk ibu hamil. Kandungan kolesterol baik dalam air kelapa muda dapat membantu mengontrol kadar gula darah di tubuh.

Ragam manfaat air kelapa yang disebutkan di atas hanya bisa Bunda dapatkan bila mengonsumsi air kelapa muda yang segar, bukan minuman kesegaran buatan. Meski bermanfaat, jangan sampai Bunda hanya mengonsumsi air kelapa muda tanpa diimbangi air putih. Bagaimanapun asupan air putih yang cukup tetap dibutuhkan selama kehamilan.

Cara Aman Konsumsi Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa memang mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi ibu hamil, namun bukan berarti minuman ini bisa diminum secara bebas dan dalam jumlah yang banyak. Konsumsi air kelapa yang berlebihan justru tidak baik bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil yang menginjak trimester pertama, baik mengonsumsi air kelapa di pagi hari karena dapat mengurangi reaksi mual dan dehidrasi.

Selain dapat diminum di trimester pertama, konsumsi air kelapa juga disarankan ketika ibu menginjak trimester ketiga. Pada masa ini, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi penting untuk tubuh. Baiknya, ibu hamil mengonsumsi air kelapa di trimester ini hanya satu gelas per hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah kelebihan dosis natrium dan kalium serta menghindarkan dari risiko buang air kecil secara terus menerus.

Menjelang proses melahirkan secara normal, konsumsi air kelapa juga sangat dianjurkan untuk menjaga kebutuhan hidrasi ibu tetap terjaga. Sebaliknya, jika ibu akan menjalani operasi caesar dokter akan menyarankan ibu untuk berhenti mengonsumsi air kelapa karena dapat mengganggu control tekanan darah sebelum dan sesudah operasi.

Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat serta breguna bagi kita semua.

 

Sumber : berbagai sumber

Penelusuran yang terkait dengan manfaat air kelapa bagi ibu hamil :

  • bahaya air kelapa untuk ibu hamil
  • manfaat air kelapa untuk ibu hamil 4 bulan
  • manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil 9 bulan
  • berapa kali seminggu ibu hamil minum air kelapa
  • bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda setiap hari
  • minum air kelapa saat hamil 5 bulan
  • manfaat air kelapa ijo untuk ibu hamil
  • air kelapa muda untuk ibu hamil trimester pertama

author
About Author
Kabar Bunda merupakan pusat informasi seputar kesehatan, berbagi tips serta informasi menarik yang berguna bagi para bunda, Selain itu sebagai media konsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman.